...
Perbedaan Lantai WPC dan Lantai SPC, Mana yang Lebih Unggul
Perbedaan Lantai WPC dan Lantai SPC, Mana yang Lebih Unggul

Perbedaan Lantai WPC dan Lantai SPC, Mana yang Lebih Unggul?

Saat ini, tidak sedikit orang yang menggunakan material lantai selain keramik yang digadang-gadang lebih bagus dari segi visual dan kualitasnya. Para produsen lantai masa kini telah berinovasi untuk mengembangkan produk penutup lantai rumah agar lebih nyaman digunakan dan aman digunakan. -MegaBaja.co.id

Seperti halnya dengan lantai SPC dan WPC, sudah banyak yang menggunakan kedua jenis produk lantai ini karena harganya lebih terjangkau dan kualitasnya patut diacungi jempol, bahkan bisa dikatakan masih tergolong bagus di kelasnya.

Hal itulah yang membuat lantai SPC dan lantai WPC kerap kali dijadikan sebagai alternatif pilihan terbaik selain lantai kayu solid. Namun, apakah kamu mengetahui perbedaan keduanya? Jika belum, pada artikel kali ini akan membahas mengenai perbandingan lantai SPC dan lantai WPC dan manakah yang lebih baik untuk digunakan pada hunian. Penasaran kan? Simak ulasannya selengkapnya, yuk!

Lantai WPC (Wood Plastic Composite)

Jenis lantai WPC adalah produk penutup lantai yang terbuat dari bahan plastik dan campuran kayu. WPC sendiri merupakan kependekan dari wood plastic composite yaitu sebuah material yang tersusun dari polimer termoplastik dan elemen kayu, lalu diolah sedemikian rupa menjadi satu dan membentuk sebuah material lantai yang baru.

Serat kayu yang terkandung pada lantai WPC bekisar 60%, sisanya adalah bahan polimer sintetis seperti polypropylene (PP) polyethlene (PE) UV stabilizer serta pewarna Coupling agent.

Lantai WPC sendiri merupakan bahan alternatif pengganti kayu konvensional masa kini. Hal ini dikarenakan harga kayu yang terus melambung tinggi dari tahun ke tahun dan pertumbuhan kayu terbilang lama dan harus menunggu, sehingga memaksa para produsen untuk mencari alternatif lain selain kayu.

Meskipun, lantai WPC ini terbuat dari bahan plastik yang bercampur kayu, tetapi jika dilihat dari segi kualitasnya, lantai yang satu ini terbilang bagus. Biasanya diaplikasikan di area outdoor karena mampu bertahan terhadap panas matahari dan curah hujan. Bahkan menjadi material alternatif lantai outdoor terbaik atau decking. Seperti balkon, teras, rooftop dan area taman.

Jenis lantai ini sering disebut dengan nama decking, karena penggunaanya kerap kali untuk area outdoor. Hampir sama dengan jenis decking kayu, hanya saja ada perbedaan material yang digunakan dan cara pemasangannya.

Keunggulan Lantai WPC

Untuk keunggulan dari lantai WPC ini tidak kalah bagus dengan kayu solid, sehingga bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumahmu. Adapun, keunggulan lantai WPC diantaranya:

Tahan Air

Kelebihan decking WPC sama seperti decking kayu yang tahan terhadap air. Jadi, meski kehujanan lantai ini tidak akan pernah membusuk.

Lantai yang Awet

Lantai yang Awet
Lantai yang Awet

Wood plastic composite terbuat dari plastik dan serbuk kayu tapi lebih dominan ke plastik. Lantai ini akan awet karena tahan terhadap serangan rayap.

Perawatan yang Mudah

Cara merawat lantai ini mudah. Kamu cukup menyapu dan mengepel saja seperti biasa. Tetapi tetap saja kamu tidak boleh menyeret barang berat di ata permukaannya karena akan menimbulkan lantai menjadi rusak.

Meski menawarkan banyak keunggulan, lantai WPC memiliki kekurangannya juga. Berikut adalah kekurangan dari lantai WPC yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan.

Kekurangan Lantai WPC

Jenis lantai WPC tidak bisa menyerap panas sinar matahari, sehingga membuat permukaan lantainya terasa panas ketika diinjak. Berbeda dengan decking kayu solid yang ketika terkena sinar matahari akan terserap sehingga terasa hangat.

Sesudah kamu memahami apa itu lantai WPC, fungsi, kelebihan beserta kekurangannya, sekarang gilian membahas lantai SPC. Lantas, apa sih lantai SPC itu?

Lantai SPC (Stone Plastic Composite)

Lantai SPC (Stone Plastic Composite)
Lantai SPC (Stone Plastic Composite)

Jenis lantai SPC adalah jenis penutup lantai yang terbuat dari komponen kalsium karbonat, bahan tersebut berasal dari batu kapur yang merupakan senyawa anorganik. Lantai SPC merupakan pengembangan dari produk penutup lantai jenis luxury lantai vinyl tile atau disingkat LVT yang memang sudah eksis sebelumnya.

Karakteristik lantai SPC terbilang cukup unik. Seperti yang dikatakan di ata bahwa hal ini dikarenakan terbuat dari bahan batu kapur yang membuat hasil akhirnya sangat kuat dan terbilang sangat awet jika dari pada dengan lantai vinyl biasa.

Lantai SPC ini bisa juga dijadikan sebagai alternatif pilihan selain lantai laminasi, vinyl, lantai kayu solid dan keramik. Visual motif pada lantai jenis ini tampak sangat elegan dan sedap dipandang, menampilkan corak yang realistis, dan motifnya pun bervariasi alias tidak itu-itu saja. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan desain atau konsep rumah dan memilih motif lantai SPC sesuai seleramu.

Penasaran dengan kelebihan lantai SPC ini? Sebagai pengetahuan, simak ulasan berikutnya.

Kelebihan Lantai SPC

Lantai SPC memiliki kelebihan sehingga kamu tak perlu banyak berfikir lama untuk menggunakan lantai berkualitas ini, kelebihannya adalah:

Tahan Terhadap Panas

Sudah terkenal sebagai material yang tahan panas, maksudnya tahan terhadap api, jadi lantai SPC tidak mudah terbakar.

Ramah Lingkungan

Lantai SPC terbuat dari bahan alami sehingga dikategorikan sebagai lantai yang aman untuk kesehatan keluarga.

Tak akan Melengkung dan Mengerut

Karena terbuat dari bahan bebatuan, maka lantai SPC ini tidak akan melengkung seperti lantai kayu solid biasa.

Tahan Air

Material yang digunakan adalah batu yang tahan air. Meski sering terkena hujan pun tidak akan lembab dalam waktu lama.

Perawatan yang Mudah

Untuk merawat lantai SPC tidak begitu sulit. Sama dengan jenis lantai lainnya yaitu cukup disapukan dan dipel saja.

Kekurangan Lantai SPC

Lantai SPC ternyata memiliki kekurangannya juga. Kekurangan dari lantai ini bisa kamu lihat di bawah ini

Terdapat Kandungan Logam

Jika kamu menemukan harga lantai SPC yang mahal, artinya bagus karena biasanya lantai SPC memang dibanderol mahal karena tidak memiliki kandungan logam yang begitu banyak. Sehingga baik untuk kesehatan keluarga.

Apabila lantai SPC yang dibanderol dengan harga murah sebaiknya kamu berhati-hati. Karena lantai SPC murah selalu terdapat kandungan logam yang banyak dan berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Tidak Mampu Menahan Sinar Matahari dalam Waktu Lama

Lantai SPC hanya dikategorikan sebagai lantai yang tahan panas api, tetapi jika lantai SPC sering terkena panas sinar matahari langsung maka akan menurunkan kualitasnya. Jika sudah terlanjur memasang lantai jenis ini di area outdoor yang terkena sinar matahari, ada baiknya ditutup terlebih dahulu dengan tirai atau penutup lain.

Mana yang Lebih Unggul?

Melihat perbandingan antara lantai WPC dan lantai SPC, keduanya sama-sama penutup lantai. Hanya saja, yang membedakannya adalah dari segi bahan pembuatan. Lantai WPC terbuat dari serbuk kayu dengan campuran bahan kimia sejenis plastik, sedangkan lantai SPC terbuat dari komponen kalsium karbonat. Jika ditanya lebih baik memilih Lantai WPC atau Lantai SPC? Manakah yang lebih unggul? Mari lihat perbandingannya.

Perbandingan Dilihat dari Kenyamanan

Mana yang lebih nyaman? Jika dilihat dari segi kenyamanan, jelas yang lebih unggul dalam kenyamanan adalah lantai WPC (Wood Plastic Composite) karena jenis lantainya sangat stabil, ukurannya tebal dan cukup empuk ketika dipijak.

Jika dibandingkan dengan dengan lantai SPC (Stone Plastic Composite) justru kebalikannya, karena jenis lantai yang satu ini memiliki ukuran yang tidak setebal lantai WPC. Sehingga kurang begitu nyaman ketika digunakan. Meskipun demikian, lantai SPC ini cukup padat sehingga bisa menahan beban berat dan benturan keras, tidak seperti lantai WPC.

Perbandingan dari Harga Lantai SPC dengan Lantai WPC

Jika diamati dari segi harga penjualan, harga lantai SPC lebih murah dari lada dengan harga lantai WPC. Hal ini yang menjadikan lantai SPC lebih banyak peminatnya di berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Harga lantai WPC per meter di pasaran dibandrol bekisar 250 ribu, sedangkan harga jual lantai SPC per meter dibandrol bekisar 190 ribu. Memilih lantai SPC untuk digunakan dalam hunian merupakan pilihan terbaik dibandingkan menggunakan lantai laminate, keramik, vinyl, hingga WPC sekalipun.

Perbandingan Ukuran Lantai WPC dan Lantai SPC

Jika dilihat dari perbedaan ukurannya, lantai SPC dan lantai WPC, masing-masing keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran ketebalan lantai WPC yaitu 5,5 milimeter hingga 8 milimeter. Sedangkan lantai SPC memiliki ketebalan yaitu 3,2 milimeter hingga 7 milimeter saja. Lantai WPC akan jauh lebih nyaman ketika dipijak karena lebih tebal. Sedangkan lantai SPC kurang nyaman ketika dipijak karena ukurannya yang kurang tebal.

Perbandingan Kualitas

Perbandingan Kualitas
Perbandingan Kualitas

Jika dinilai dari kualitasnya, lantai WPC dan lantai SPC sama-sama produk lantai yang berkualitas cukup tinggi. Bisa awet jika dipasang di tempat yang tepat dan dirawat dengan benar.

Jadi, lebih baik lantai WPC atau SPC? Ya jawabannya, tergantung kebutuhan dan di mana kedua benda ini dipasang. Jika ingin memasang di area outdoor maka lantai WPC merupakan pilihan terbaik, jika ingin memasangnya di area indoor ya tidak mengapa juga. Lain lagi dengan lantai SPC di area indoor saja, karena SPC ini tidak tahan sinar matahari.

Nah, itulah pembahasan tentang perbedaan lantai WPC dan lantai SPC. Sekarang sudah tahu kan mana yang lebih unggul? Jika kamu berminat menggunakannya, konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya agar mendapat hasil yang memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Just an ordinary people.